Prof-Dr-Jeffrey-Winters-Kuliah-Umum-di-Unhas

Kuliah Umum “Ancaman Oligarki dan Masa Depan Politik Indonesia” oleh Prof. Jeffrey Winters

Berikut adalah video Kuliah Umum dan Diskusi bersama Professor Jeffrey A. Winters (Northwestern University, AS) dengan tema: “Ancaman Oligarki dan Masa Depan Politik Indonesia” pada Jumat, 3 Juni 2011 di Rumah Integritas yang diselenggarakan oleh Perhimpunan Pendidikan Demokrasi (P2D) bersama Solidaritas Masyarakat Indonesia untuk Keadilan (SMI-Keadilan)

Professor Jeffrey A. Winters, merupakan pengajar di Departemen Ilmu Politik, Northwestern University, Amerika Serikat. Ia merupakan ahli di bidang ekonomi-politik, khususnya tentang oligarki dan elite politik, berdasarkan studi sejarah dan kasus kontemporer di era Yunani dan Romawi Kuno, Eropa abad pertengahan, Amerika Serikat, Indonesia, Singapura, dan Filipina. Bukunya yang terbaru berjudul Oligarchy diterbitkan oleh Cambridge University Press pada 2011. Buah pikirnya, termasuk penelitian, artikel, dan materi kuliah, terfokus pada studi perbandingan dan ekonomi politik internasional, termasuk perbandingan politik secara umum. Sejumlah penelitiannya yang terkait dengan oligarki meliputi: hubungan negara dan modal, pergerakan modal dan kekuatan investor, Dana Moneter Internasional (IMF), Organisasi Perdagangan Dunia (WTO), dan Bank Dunia, hak asasi manusia, otoritarianisme, dan transisi demokratis negara-negara pasca kolonial.

Prof. Winters telah menghasilkan beberapa buku, yakni: Power in Motion: Capital Mobility and the Indonesian State (Cornell University Press, 1996), Reinventing the World Bank (Cornell University Press, 2002) yang ditulisnya bersama Jonathan Pincus. Kedua buku itu telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

Ia juga menulis dua buku dalam bahasa Indonesia, yaitu: Dosa-Dosa Politik Orde Baru, yang menjadi bestseller pada 1999, dan Orba Jatuh, Orba Bertahan (2004). Bersama Prof. Ben Page, ia menulis “Oligarchy in the United States”, yang diterbitkan dalam Perspectives on Politics pada 2009.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *